Tentang IT dan Komputer

Teknologi Informasi

Internet Security Statistik

Posted by intrik on April 21, 2007

Membuat desain suatu network yang memiliki system security yg benar-benar secure memang tidak mudah. Contohnya tentu sudah banyak anda lihat mengenai site-site yang telah dihack. Memang sulit untuk mengukur keamanan di internet, karena sebab-sebab dari site-site maupun network yang dihack tsb memiliki kelemahan nya masing-masing dan tidak saja dari masalah hole saja.
Percobaan pentration/hacking yang dilakukan di internet sebenarnya sudah sampai pada tahap yang cukup mengkhawatirkan.Apalagi didukung dengan perang cyber yang cukup marak pada tahun ini, yang dimulai dengan perang antara Cina dan USA, setelah itu disusul dengan perang terhadap terorist akibat impact dari pemboman WTC 11 Sept lalu.
Untuk mengetahui tingkat security yang ada di Internet secara global anda dapat mengunjungi http://project.honeynet.org . Dimana tujuan dari site ini adalah meningkatkan kesadaran terhadap ancaman dan vulnerability yang ada di dunia interenet. Project honeynet tsb merupakan proyek system yang live, yang digunakan untuk menjebak para hacker, dengan kata lain dapat disebut sebagai umpan bagi hacker sehingga dapat diketahui berapa banyak serangan dari para hacker yang sebenarnya di internet. Dengan mempelajari tehnik serangan, tools, taktik dan segala motif dari kelompok “black hat” ini tentunya hal ini dapat membantu dalam IT security. Project honeynet yang terdiri dari 30 orang team research tsb merekam semua hal tentang bagaimana dan apa  yang dilakukan oleh aksi para hacker ini.Contoh hasil dari network tsb adalah :
Home user yang menggunakan Windows  98 mengalami 5 kali di hack selama 4 hari pada file/folder sharing yang mereka.
Host yang tersambung di dalam network tsb, mengalami NetBIOS  yang discan sebanyak 17 kali dalam sehari.
Dan perlu diketahui untuk menaklukkan Redhat 6.2 server hanya diperlukan waktu 72 jam.

Ingat perkataan ini “Kenali musuhmu, kenali dirimu sendiri maka anda akan menang” [Sun Tzu, The Art of War]
Untuk menghadapi musuh seperti ini, tentu saja anda perlu mempelajari musuh anda. Dokumen mengenai “Know You Enemy” dapat di download di http://project.honeynet.org/papers/

Dan apa yang terjadi dengan di Indonesia, khususnya data yang diperoleh Jasakom. Ternyata memang cukup mengkhawatirkan.
Hasil yang dapat disimpulkan selama 5 bulan dari area deface Jasakom adalah sbb:

Mei – 165 site
Juni – 278 site
July – 272 site
Agt – 263 site
Sep – 345

Jumlah site yang dideface sebenarnya lebih dari yang tertera di atas, karena untuk site yang tidak sempat diverifikasi terpaksa harus kami hapus dari listing.
Dan perlu sekali anda ketahui bahwa web deface yang terdapat di Jasakom dilakukan oleh hacker Indonesia dan belum termasuk yang ada di luar Indonesia.
Jadi cukuplah kiranya hal ini memberikan kesimpulan kepada anda berapa tinggi ancaman jaringan anda dari serangan.

Untuk melihat listing deface yang ada di luar Indonesia dan juga merupakan pengganti dari site attrition anda dapat juga mengunjungi www.alldas.de .

[-Ruth-]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: