Tentang IT dan Komputer

Teknologi Informasi

03.23.07 Membuat subdomain Gratis di domain go.id

Posted by intrik on April 26, 2007

Dalam beberapa saat ini sering terjadi kesalahan atau kecerobohan dari admin webmaster milik situs pemerintah. Hal ini terjadi di beberapa situs daerah yang sekarang sedang giat-giatnya project membuat situs sebagai alasan memperkenalkan daerahnya melalui media Internet.

Internet memang suatu media yang sangat mudah untuk mempromosikan segala hal, dengan suatu cara yang tepat maka kita dapat mencari informasi bahkan penjadi pengusaha tanpa harus meninggalkan rumah kita. Dalam membuat situs memang biaya yang dikeluarkan tidak lah kecil, hanya saja beberapa pengguna seperti personal user yang tidak memiliki butget yang besar mereka menggunakan sarana gratisan yang anda di Internet.

* Catatan : Peragaan ini merupakan salah satu contoh dalam menggunakan subdomain di go.id dan subdomain yang lainnya (etc; .com, .org, .net dll). Penulis TIDAK BERTANGGUNG JAWAB jika tulisan ini digunakan untuk berbuat kejahatan atau lainya. Tulisan ini hanya untuk suatu pembelajaran bagi user akan kemudahan penggunaan subdomain.

Salah satu untuk menekan cost yang dikeluarkan oleh pihak pemerintah daerah atau pihak outsource mereka adalah dengan menggunakan dns gratis di freedns. Untuk itu mari kita pelajari freedns.

Tahap-tahap menggunakan freedns.
1. Buka situs http://freedns.afraid.org/

1.JPG

2. Click registry dan ketik go.id disudut kanan atas

2.JPG

3. Hasilnya ada 3 domain pemerintah yang menggunakan dns gratisan, yaitu :
ketapang.go.id
bengkayang.go.id
menpera.go.id

3.JPG

4. Ketika kita click salah satu domain tersebut maka mereka meminta login. Jika anda tidak memiliki user maka anda bisa membuat user baru dengan cara click Setup an account here

4.JPG

5.JPG

5. Setelah itu buat baru kita buat subdomain kita dan diarahkan ke IP Public milik kita

6.JPG

Mudah bukan?

di freedns ini memiliki ribuan domain yang terbuka (public) dan bisa kita gunakan menjadi subdomain milik kita. Sehingga anda pun bisa menjadi terkenal tanpa perlu memiliki domain tersebut. Memang hal ini bisa dijadikan cara penipuan tapi balik kediri kita sendiri mau jadi jahat atau baik dalam menggunakannya.

Jika kita owner domain tersebut menset menjadi private maka hal ini tidak bisa dilakukan, harus dengan persetujuan pemilik domain tersebut.

Sebenarnya berapa sih modal membuat server DNS ? Jika menggunakan Linux Hal ini tidaklah mahal. Memang diperlukan minimal 2 Server DNS untuk mengarahkan domain kita. Tapi dengan memiliki sendiri maka anda tidak akan terjadi hal seperti ini.

Jika anda berminat membuat server DNS atau server lainnya hubungi saya di sany.asyari@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: