Tentang IT dan Komputer

Teknologi Informasi

MENGAPA INTRUDER MENYERANG ANDA

Posted by intrik on April 29, 2007

 

Intruder (atau lebih dikenal dengan cracker, hacker, carder, atau apalah yang berakhiran -er lainnya). Mereka seringkali tidak peduli siapa anda dan untuk apa ia masuk ke sistem anda. Tetapi tidak semuanya hal ini yang menjadi alasannya. Pada kenyataannya intruder mempunyai alasan atau misi-misi tertentu. Intruder bertindak sangat brutal dan sangat merugikan (seperti mencuri data, mem-format ulang server, menghapus atau memodifikasi data).

Kebanyakan dari intruder menggunakan alternatif dengan memanfaatkan titik lemah dari sebuah software (atau lebih dikenal dengan hole/bugs). Intruder memiliki banyak ide yang kadang tidak terpikirkan oleh kita. Dibalik ide yang brilian itu, tersandar berbagai alasan/ sebab mengapa intruder menyerang anda.

Berikut beberapa alasan mengapa intruder menyerang anda;

Jengkel/ Dengki

Kasarnya, intruder tidak menyukai anda. kemungkinan seseorang pemula yg mengharapkan kesenioritasan dari anda. Akan tetapi, anda malah menghina, mencemooh, dll. Sehingga intruder ini merasa benci dengan anda karena merasa dikucilkan/ diremehkan. Bisa juga seseorang karyawan yg tidak puas, mungkin karena masalah privacy perusahaan misalnya gaji P

 

Menguji/ Membuktikan

Barangkali anda pernah mengumbar sebuah pernyataan yang kontraversial jikalau server anda memiliki security sangat super tangguh?. Maka akan tidak diragukan lagi kalau sebatalyon intruders menyerang sistem anda

 

Suntuk

Biasanya terjadi pada seseorang intruder yang kerjanya hanya malas-malas-an. Kebanyakan waktunya dihabiskan di depan komputer, diwarnet, dilab, dsb. Kala jenuh, tak jarang mereka berinisiatif merusak sistem milik orang lain. Penasaran Kebanyakan terjadi karena rasa keingintahuan atau penasaran yang sangat Tinggi.

 

Kebodohan

Seringkali, seseorang intruder ingin menunjukkan/ membuktikan kemam-Puannya di hadapan teman-teman seperjuangannya (misal : mendeface sebuah situs pemerintahan). Sehingga tak elak lagi jikalau polisi/FBI hadir di depan pintu rumah mereka.

 

Profit

Seseorang membayar intruder untuk merusak sistem anda, hal ini biasanya terjadi pada kalangan dunia bisnis.

Politik

Kasus ini lebih sedikit namun sangat kontraversial. Intruder yang melakukan penyerangan atas dasar tujuan politik, biasanya terjadi pada dunia militer dan departement-departement pemerintah.

 

Ekonomi

Misalnya mencuri informasi dari situs belanja untuk mendapatkan cc (atau lebih dikenal dengan credit card). Alasan ini sangat memprihatinkan , memang kita sadari di zaman sekarang ini sangatlah susah mencari uang, namun terkadang ada seseorang yang menggunakan cara ini untuk cepat kaya dan tidak memikirkan risiko dan akibatnya (baca : indonesia Negara carding terbesar ke-dua/ satu ).

 

Nb:

Jangan salah menanggapi artikel ini, ini adalah karya realistis/ kenyataan. sebelum anda memasang firewall, memformat ulang security pada jaringan anda. ada baiknya ada mengenali dulu siapa mereka (baca : intruders -red). terkadang kesalahan tidak datang dari mereka, mungkin dari diri anda sendiri. berkacalah !!! P

 

Penulis : flea

 

Sumber : www.echo.or.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: