Tentang IT dan Komputer

Teknologi Informasi

Mengenal Bluetooth

Posted by intrik on April 29, 2007

Teman-teman ada yang tahu istilah ‘bluetooth’ ? Bluetooth di sini artinya bukan gigi biru lho… tapi bluetooth adalah salah satu teknologi komunikasi data yang biasanya ditemui pada telepon seluler / handphone. Selain pada handphone, teknologi bluetooth dapat digunakan pada komputer juga lho. Fungsi dari bluetooth diantaranya adalah untuk mentransfer data atau file dari handphone ke handphone lain atau bisa juga dari handphone ke komputer atau sebaliknya. Tapi ada syaratnya lho… jika ingin mengirim data/file dari handphone ke handphone maka kedua handphone tersebut memang memiliki fasilitas bluetooth.

Demikian juga jika ingin mengirim data dari handphone ke komputer, maka harus dipastikan komputer kita sudah terpasang USB bluetooth. Gambar di atas kiri adalah logo/symbol dari bluetooth. Jika di sebuah handphone terdapat logo itu berarti handphone tersebut sudah dapat menggunakan teknologi bluetooth.

Nama ‘Bluetooth’ sendiri berawal dari sebuah proyek yang dipromotori oleh perusahaan-perusahaan raksasa internasional yang bergerak di bidang telekomunikasi dan komputer, di antaranya Ericsson, IBM, Intel, Nokia, dan Toshiba. Proyek ini berawal tahun 1998 dengan kode nama bluetooth, karena terinspirasi oleh seorang raja Viking (Denmark) yang bernama Harald Blatand. Raja Harald Blatand ini berkuasa pada abad ke-10 dengan menguasai sebagian besar daerah Denmark dan daerah Skandinavia pada masa itu.

Kita lanjutkan lagi, pada bulan Mei 1998, 5 perusahaan promotor yaitu Ericsson, IBM, Intel, Nokia dan Toshiba membentuk sebuah Special Interest Group (SIG) dan memulai untuk membuat spesifikasi yang mereka namai ‘bluetooth’. Pada bulan Juli 1999 dokumen spesifikasi bluetooth versi 1.0 mulai diluncurkan. Pada bulan Desember 1999 dimulai lagi pembuatan dokumen spesifikasi bluetooth versi 2.0 dengan tambahan 4 promotor baru yaitu 3Com, Lucent Technologies, Microsoft dan Motorola. Saat ini, lebih dari 1800 perusahaan di berbagai bidang antara lain di bidang semiconductor manufacture, PC manufacture, mobile network carrier, perusahaan-perusahaan automobile dan air lines bergambung dalam sebuah konsorsium sebagai adopter teknologi bluetooth. Perusahaan-perusahaan terkemuka tersebut antara lain seperti Compaq, Xircom, Phillips, Texas instruments, Sony, BMW, Puma, NEC, Casio, Boeing, dsb.

Layanan Bluetooth

Sebuah perangkat yang memiliki teknologi wireless bluetooth akan mempunyai kemampuan untuk melakukan pertukaran informasi dengan jarak jangkauan sampai dengan 10 meter (~30 feet). Produk bluetooth dapat berupa PC card atau USB adapter yang dimasukkan ke dalam perangkat. Perangkat-perangkat yang dapat diintegerasikan dengan teknologi bluetooth antara lain : mobile PC, mobile phone, PDA (Personal Digital Assistant), headset, kamera, printer, router dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi yang dapat disediakan oleh layanan bluetooth ini antara lain : PC to PC file transfer, PC to PC file synch ( notebook to desktop), PC to mobile phone, PC to PDA, wireless headset, LAN connection via ethernet access point dan sebagainya.

USB Bluetooth

Perangkat USB bluetooth saat ini sudah mudah dibeli di toko-toko yang menjual perlengkapan komputer. Alat/hardware ini berfungsi untuk mentransfer data/file. Bentuk USB bluetooth hampir sama dengan USB flash disk yang membedakannya hanya fungsi dan penggunannya. Cara menggunakannya mudah kok. Tinggal masukkan usb bluetooth pada port usb. USB Bluetooth akan langsung dikenali oleh komputer jika sistem operasi komputer yang kita gunakan adalah Windows XP, karena windows XP sudah menyediakan layanan untuk transfer data/file. Jika komputer kita menggunakan windows 98 sebagai sistem operasinya maka kita harus menginstall terlebih dahulu driver usb bluetooth tersebut.

Dari penjelasan singkat di atas, terlihat bahwa bluetooth mampu menawarkan solusi yang cukup efektif dan efisien di dalam memberikan layanan kepada user untuk melakukan transfer data dengan kecepatan kurang dari 1 Mbit/s dan jangkauan yang relatif pendek. Teknologi bluetooth masih memungkinkan untuk terus berkembang menuju kematangan baik dari sisi standarisasi maupun aplikasi yang dapat diterapkan.

Dengan pertimbangan bahwa bluetooth mampu menyediakan berbagai macam aplikasi dan layanan dan dengan biaya yang relatif murah, mudah dalam pengoperasian, interoperability yang menjanjikan serta didukung oleh berbagai vendor besar di bidang telekomunikasi maupun komputer, dan lebih dari 1800 perusahaan telah bergabung sebagai adopter teknologi ini, maka tidak mustahil teknologi bluetooth suatu saat akan menjadi salah satu primadona untuk digunakan baik untuk keperluan rumah tangga atau perkantoran/bisnis.

Sumber : elektroindonesia.com

Daftar Istilah

  1. Port = tempat untuk memasukkan kabel / peripheral lainnya ke komputer kita
  2. Wireless = perangkat tanpa kabel
  3. USB = Universal Serial Bus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: