Tentang IT dan Komputer

Teknologi Informasi

Mengenal Spyware

Posted by intrik on April 29, 2007

Definisi Spyware

Teman-teman pernah mendengar kata ‘spyware’ ? Ketika browsing internet tiba-tiba muncul pop-up windows, seperti iklan. Nah, itu adalah salah satu spyware. Definisi umum spyware adalah program kecil yang bekerja secara otomatis pada saat kita browsing internet atau memata-matai kegiatan online kita lalu mengirimkan hasil pantauannya ke host server spyware tersebut. Jenis spyware sangat banyak, ada yang hanya bertugas merotasi tampilan iklan pada software, ada yang menyadap informasi konfigurasi komputer kita, ada yang menyadap kebiasaan online kita, dan sebagainya.

Darimana mereka datang ke komputer kita. Banyak cara yang dilakukan oleh mereka, Diantaranya melalui software gratisan (Freeware dan Shareware), juga dari situs internet yg kita kunjungi dimana secara diam-diam mereka menginstallkan dirinya sendiri ke komputer kita.

Kenapa mereka bisa mengganggu kinerja komputer kita? Tentu saja karena mereka bekerja terus menerus (terutama saat kita online atau ketika menggunakan browser) dan beberapa malah mengubah/mengganti file-file system windows yg asli dengan file-file mereka. Tentu ini menambah beban kerja windows yang normal.

Tips Mengatasi Spyware

Sebelumnya banyak sekali anti-spyware yang bisa di-download gratis seperti Spybot. Namun saat ini, sudah banyak sekali yang berupa versi komersial alias mesti bayar lisensi nya. Memang masih terdapat beberapa yang gratisan namun database spyware mereka tidak sekomplit yang komersil. Kenapa ? Karena otomatis tim anti-spyware yang komersial mendapatkan dana dari lisensi yang mereka jual sedangkan yang freeware alias gratisan mendapatkan dana biasanya hanya dari sumbangan.

Berikut ini tips yang bisa dilakukan untuk mencegah spyware :

 

  1. Hati-hati dalam melakukan browsing ke situs-situs yang ‘tidak jelas’ di Internet. Biasanya terutama situs-situs underground, situs-situs hacking dan situs-situs crack.
  2. Khusus untuk program freeware atau gratisan, sebelum digunakan, lihat informasi di bagian review pengguna, apakah ada yang komplain mengenai spyware di dalamnya. Karena umumnya spyware ada di program yang freeware.
  3. Usahakan tidak menggunakan program-program seperti P2P sharing dan Download Accelerator contohnya Kazaa, download plus dan sebagainya.
  4. Lakukan Windows update secara rutin. Spyware selama ini memang menargetkan windows sebagai platform utama sebagai sasarannya. Terbukti banyak sekali BHO – browser helper object yang dibuat untuk running atau attach ke MSIE (Microsoft Internet Explorer). Meskipun tidak menjamin bahwa IE nya akan kebal terhadap spyware tapi setidaknya mengurangi lubang-lubang security yang bisa digunakan sebagai pintu masuk bagi spyware.
  5. Pada saat download program di Internet, kalau bisa baca dulu EULA nya (End-User License Agreement) karena biasanya di dalam klausalnya sengaja dibuat serumit dan sepanjang mungkin yang mungkin didalamnya ada klausal untuk instalasi spyware. Ada program yang EULA sebanyak 131 halaman, siapa yang mau baca ? tapi itu memang sengaja dibuat seperti itu sehingga apabila terjadi tuntutan hukum di kemudian hari mereka punya bukti.
  6. Install anti-spyware, seperti ad aware. Tapi kadang spyware terbaru tidak terdeteksi, makanya harus sering di update. Jika cara ini belum memuaskan, coba dengan tools berikut, yang pertama CWShredder dilanjutkan dengan HijackThis. Bisa di download di situs ini http://www.spywareinfo.com/~merijn/downloads.html. Ada beberapa tools lain disana, mungkin bisa kamu coba juga.
  7. Dalam menggunakan HijackThis harus diperhatikan betul-betul sebelum menghapus apa-apa yang terdeteksi, Untuk mencegah Spyware tidak balik lagi, rajin-rajinlah mengupadate database anti-virus dan anti-spyware dari OS yg anda gunakan, lalu berhati-hati ketika browsing, Hati-hati ketika meggunakan software gratis (contoh: kazaa), Pasang anti virus dan update terus. Atau beralih ke OS lain?
  8. Apabila saat browsing, keluar pop-up window, jangan klik ke windows tersebut tapi langsung tutup windows tersebut.

Walaupun tips di atas tidak bisa menjamin 100% bebas dari spyware, namun setidaknya kita bisa mengurangi ancaman dari spyware tersebut

Sumber : IlmuKomputer.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: