Tentang IT dan Komputer

Teknologi Informasi

Tip & Trik Komputer (lanjutan3)

Posted by intrik on April 29, 2007

Menambahkan informasi pada System Properties

Saat Anda mengklik icon System pada Control Panel atau menekan tombol WinKey + Pause maka akan muncul kotak dialog System Properties. Di sana terdapat beberapa informasi mengenai komputer dan Windows Anda. Tapi tahukan Anda bahwa Anda bisa menampilkan gambar atau informasi pada System Properites ? Dengan tips di bawah ini Anda dapat dengan mudah melakukannya.

Caranya bikin file oeminfo.ini ke C:\Windows\System untuk Win 95/98 atau ke C:\Winnt\System32 untuk Windows NT. Adapun isi dari file oeminfo.ini adalah sebagai berikut :

[General]
Manufacturer=Komputer Rakitan
Model=Model Baru

[Support Information]
Line1=Ini baris pertama
Line2=Baris kedua
Line3=Silakan diisi dengan
Line4=text apa saja

Anda bisa mengganti tulisan yg terletak di sebelah kanan tanda sama dengan (=), dengan teks Anda sendiri. Anda bisa membuat baris sebanyak-banyaknya, dengan “menaikkan” angka di atas.

Untuk menambahkan image, bikin file bernama oemlogo.bmp dengan ukuran 180×114.

Untuk memudahkan Anda, kami menyediakan file oeminfo.ini dan oemlogo.bmp untuk didownload. Setelah itu edit file tersebut sesuai keinginan Anda dan copy-kan ke folder yang telah ditentukan.

Download File

Memodifikasi kotak dialog pd Windows #1 *

Anda pasti sudah paham kalau Windows mempunyai banyak sekali kotak dialog (dialog box), misalnya kotak dialog Taskbar Properties, Run (Start Menu – Run), lalu kotak dialog yang muncul saat Anda akan menghapus file. Tahukah Anda bahwa semua kotak dialog itu dapat Anda modifikasi sesuka hati, misalnya mengganti bahasanya, tampilannya, dan sebagainya ?

Nah, ikuti tips berikut untuk melakukan semua itu :

1. Download program ResourceHacker di sini.
2. Copy file shell32.dll (terletak di C:\Windows\System) ke sembarang folder, misalnya ke C:\, sehingga bila terjadi error Anda dapat mengembalikan seperti keadaan semua.
3. Jalankan program ResourceHacker. Lalu dari menu File, pilih Open dan pilih file shell32.dll hasil copy-an tadi.


Klik pd gambar utk melihat tampilan yg lebih besar

4. Tentukan kotak dialog yang ingin Anda ganti. Misalnya mengganti kotak dialog shortcut (kotak dialog yg muncul saat Anda mengklik kanan pada shortcut dan memilih Properties). Untuk itu klik pada Dialog, dan klik lagi pada 1040 dan 1033.
5. Klik pada teks yang ingin Anda ganti tulisannya. Misalnya tulisan Find Target. Caranya klik kanan pada button yg terdapat tulisan Find Target, lalu pilih Edit Control. Maka akan muncul kotak dialog seperti pada gambar di samping (klik pada gambar untuk melihat tampilan yang lebih besar).
7. Setelah melakukan perubahan, klik OK. Lalu tekan tombol Compile Script yang terletak pada bagian atas program ResourceHacker.
8. Selain kotak dialog Shortcut Properties, Anda dapat mengganti berbagai kotak dialog lainnya. Caranya seperti pada langkah 4 sampai langkah 7.
9. Setelah Anda “puas” memodifikasi berbagai kotak dialog tersebut, klik pada menu File dan Save. Lalu klik pada File – Exit:
10. Restart Windows Anda ke Dos Mode. Caranya dari menu Start klik Shutdown lalu pilih Restart in MS Dos Mode. Pada Dos prompt ketikkan perintah-perintah di bawah ini (tulisan berwarna merah adalah keterangannya, yang Anda tulis adalah teks yang berwarna hitam).

C:\Windows

(pindah ke directory system)
C:\Windows\cd system

(mengganti nama file shell32.dll menjadi shell32.bak)
C:\Windows\System\ren shell32.dll shell32.bak

(pindah ke root directory drive C, tempat menyimpan file shell32.dll yang telah dimodifikasi)

C:\Windows\System\cd\

(meng-copy file shell32.dll yang telah dimodifikasi ke C:\Windows\System)
C:\copy shell32.dll C:\Windows\System

11. Setelah itu Anda dapat masuk kembali ke Windows. Untuk melihat hasilnya (bila yang dimodifikasi adalah kotak dialog Shortcut), klik kanan pada sembarang shortcut, lalu pilih Properties.
Di bawah ini adalah beberapa contoh kotak dialog yang telah dimodifikasi. Anda dapat memilih berbagai kotak dialog lainnya yang ingin Anda modifikasi. Untuk itu Anda dapat mencarinya sendiri berdasarkan pedoman yang telah kami berikan pada artikel.
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: